Powered by Blogger.
RSS

Pengenalan Tentang Algoritma Pemrograman



Selamat jumpa para sahabat-sahabat semua. Kita awali jumpa pertama kita dengan mengucapkan syukur kepada Tuhan YME. Semoga blog yang baru rilis ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Marilah kita saling berbagi dan belajar untuk melengkapi kekurangan-kekurangan yang ada…saya akan menggunakan dua sapaan dalam blog ini, biar lebih akrab,, hehehe. yaitu Sahabat Pro (untuk memanggil kawan-kawan semua) dan Salam Programmer (sebagai salam kita).. hehehe
 Oke sahabat langsung saja kita menuju topik pembicaraan..

Sahabat Pro.. pada tahu tidak algoritma itu apa ?. kita sering dengar waktu SMP dan SMA dalam pelajaran Matematika dan Fisika, hehee.. tapi bukan algoritma yang itu ya..
Algoritma berasal dari kata algorism – algorithm yang merupakan nama dari Abu Ja’far Muhammad ibnu Musa Al-Khuwarizmi seorang Ilmuan Persia yang menulis kitab “al jabar w’al-muqabala” (rules of restoration and reduction – aturan pemugaran dan pengurangan) pada tahun 825 M yang berasal dari Iran. Dan kemudian Algoritma masuk Indonesia pada tahun 1980-an.
Sebagai Pancingan akan saya berikan contoh Algoritma yang sering kita lakukan :
Contoh 1
Cara memasak tempe goreng?
    1.      Potong tempe
    2.      Bumbui tempe
    3.      Siapkan minyak
    4.      Goreng tempe
    5.      Hidangkan





Contoh 2
Proses Penerbitan E-KTP
 










Dari contoh-contoh diatas sudah ketahuan kan, apa itu algoritma?
Yups Betul Sahabat Pro,  Algoritma adalah
1.    urutan langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah.
  • Urutan langkah logis, yang berarti algoritma harus mengikuti suatu urutan tertentu, tidak boleh melompat-lompat.
            (Dari Microsoft Press Computer and Internet Dictionaary 1997, 1998) 1997, 1998)
2.    Alur pemikiran dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang dituangkan secara tertulis.
  • Alur pikiran, sehingga algoritma seseorang dapat juga berbeda dari algoritma orang lain.
  • Tertulis, yang artinya dapat berupa kalimat, gambar, atau tabel tertentu. (Dari Algoritma dan Struktur Data dengan C, C++, dan Java oleh Moh Sjukani hal 1)
Menurut Donald E. Knuth, Algoritma dibagi menjadi beberapa kriteria, diantaranya
1.    Input: algoritma dapat memiliki nol atau lebih inputan dari luar.
2.    Output: algoritma harus memiliki minimal satu buah output keluaran.
3.    Definite (pasti): algoritma memiliki instruksi-instruksi yang jelas dan tidak ambigu.
4.    Finite (ada batas): algoritma harus memiliki titik Finite (ada batas): algoritma harus memiliki titik berhenti (stopping role).
5.    Effective (tepat dan efisien): algoritma sebisa mungkin harus dapat dilaksanakan dan efektif. Contoh instruksi yang tidak efektif adalah: A = A + 0 atau A = A * 1
Namun ada beberapa program yang memang dirancang untuk unterminatable, contoh Sistem Operasi
Contoh Lagi ya Sahabat Pro tentang Algorima..
Algoritma menghitung luas segitiga :
1.      Masukkan alas (a)
2.      Masukkan tinggi (t)
3.      Luas ← ½ * a * t
4.      Tulis Luas
Sifat Umum :
-  Tidak menggunakan simbol atau sintaks dari suatu bahasa pemrograman
-  Tidak tergantung pada suatu bahasa pemrograman
-  Notasi-notasinya dapat digunakan untuk seluruh bahasa manapun

Kasusnya Adalah:
-  Menukar dua buah bilangan
-  X = 10 dan Y = 2, ditukar menjadi X = 2 dan Y = 10
-  Bagaimana caranya?
Jawab 1:
1.      X = X + Y
2.      Y = X – Y
3.      X = X – Y
Jawab 2:
1.      tampung = X
2.      X = Y
3.      Y = tampung
Kemudian dapat disimpulkan dari uraian diatas bahwa algoritma pemrograman merupakan langkah-langkat atau urutan tertentu untuk memecahkan suatu permasalahan dalam pemrograman.
Demikian Sahabat Pro sedikit pengenalan tentang Algoritma Pemrograman, semoga bermanfaat, sapai bertemu kembali di postingan berikutnya..
Salam Programmer

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment